Lembaga Desa

  1. Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK )

TP PKK Desa Kulurejo adalah mitra kerja pemerintah Desa Kulurejo dan organisasi kemasyakatan yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing – masing jenjang demi terlaksananya program TP PKK  Desa Kulurejo.

Susunan Pengurus TP PKK Desa Kulurejo adalah :

  • Ketua I
  • Ketua II
  • Sekretaris I
  • Sekretaris II
  • Bendahara I
  • Bendahara II
  • Pokja I
  • Pokja II
  • Pokja III
  • Pokja IV
  1. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM )

LPM Desa Kulurejo sebagai lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat yang di fasilitasi Pemerintah Desa Kulurejo melalui musyawarah dan mufakat sebagai mitra pemerintah desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat dibidang pembangunan.

Tugas LPM Desa Kulurejo sesuai dengan pasal 8 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007 bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat  Desa mempunyai tugas :

  • Menyusun rencana pembangunan secara partisipasif.
  • Menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat.
  • Melaksanakan dan mengendalikan pembangunan
  1. Karang Taruna

Karang Taruna Desa Kulurejo merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa Kulurejo yang  bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna Desa Kulurejo merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna Desa Kulurejo berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna Desa Kulurejo baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

Karang Taruna Desa Kulurejo  beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 11 – 45 tahun) dan batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 17 – 35 tahun.

Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

  1. Kelompok Tani

Kelompok tani yang ada di Desa Kulurejo  dibentuk berdasarkan surat keputusan dan dibentuk dengan tujuan sebagai wadah komunikasi antar petani. Di Desa Kulurejo terdapat 7 Kelompok Tani yang tersebar di tiap dusun yaitu :

  1. Kelompok Tani Eko Merdiko Dusun Bendungan.
  2. Kelompok Tani Wargo Mulyo Dusun Sambeng
  3. Kelompok Tani Lestari Mulyo Dusun Tukluk
  4. Kelompok Tani Ngudi Sari Bumi Dusun Papringan
  5. Kelompok Tani Ngudi Utomo Dusun Ngropoh
  6. Kelompok Tani Murih Raharjo Dusun Weru
  7. Kelompok Tani Wanita Dahlia Dusun Sambeng
  8. Gabungan Kelompok Tani

Pengembangan kelompok tani di Desa Kulurejo diarahkan pada peningkatan kemampuan setiap kelompok tani dalam melaksanakan fungsinya, peningkatan kemampuan para anggota dalam mengembangkan agrobisnis, penguatan kelompok tani menjadi organisasi petani yang kuat dan mandiri. Kelompok tani yang ada di Desa Kulurejo bergabung ke dalam Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Kulur Makmur.

Dalam rangka peningkatan kemampuan Gapoktan Desa Kulurejo  dimaksudkan agar dapat berfungsi sebagai unit usaha tani, unit usaha pengolahan, unit usaha sarana dan prasarana produksi, unit usaha pemasaran dan unit usaha keuangan mikro serta unit jasa penunjang lainnya sehingga menjadi organisasi petani yang kuat dan mandiri, namun pada saat ini masih mengalami beberapa kendala.

  1. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Anugrah Makmur

Dalam upaya mengembangkan usaha ekonomi perdesaan dan mengakomadasi lembaga-lembaga ekonomi yang sudah ada di bawah naungan Pemerintah Desa Kulurejo maka dibentuklah Sebuah Lembaga Ekonomi Desa yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dinamakan Anugrah Makmur dengan unit-unit usah : Pasar Desa. Perparkiran Desa, Pembayaran Listrik On Line, Persewaan Traktor dan Molen, Simpan Pinjam dan Percetaan Ulem serta  Pengembangan Usaha Produksi Handycraft dan Baki Lamaran.