Desa Kulurejo Bertekad Wujudkan Koperasi RT yang Sehat, Berkualitas dan Mandiri

Kulurejo, 11 April 2018.   Koperasi merupakan bangunan usaha yang paling tepat untuk mewujudkan kemandirian ekonomi kerakyatan. Meski demikian, mewujudkan koperasi yang sehat, berkualitas dan mandiri bukanlah hal yang mudah. Kondisi seperti ini yang dirasakan koperasi-koperasi tingkat RT di Desa Kulurejo. Berdasarkan data ada 21 Koperasi tingkat RT yang tersebar di 6 Dusun di Desa Kulurejo.

 

Menurut pantauan di lapangan dari 21 koperasi yang ada belum maksimal dalam memberikan manfaat bagi masyarakat. Kondisi ini dipicu dari adanya permasalahan intern, kesulitan permodalan dan permasalahan organisasional lainnya. Menurut salah satu bendahara koperasi RT di Desa Kulurejo mengaku kesulitan dalam mengelola keuangan sesuai standar akuntansi koperasi.

Kenyataan di atas mendorong pemerintah desa Kulurejo untuk memfasilitasi pengurus Koperasi RT di Desa Kulurejo guna  meningkatkan kapasaitasnya. Bertempat di gedung pertemuan Desa Kulurejo hari ini tanggal 11 April 2018 acara Peningkatakan Kapasitas Pengurus Koperasi RT Se Desa Kulurejo digelar.

Dihadir

 

i Bapak Sugeng Ahmady, SH Anggota  Komisi A DPRD Kabupaten Wonogiri serta  Bapak Sriyono. S. Sos. MM selaku Camat Nguntoronadi acara resmi dibuka pada pukul 09.30 WIB. Jumlah peserta sebanyak 63 pengurus koperasi dari 21 RT yang tersebar di 6 Dusun di Desa Kulurejo.

Dalam sambutannya Kepala Desa Kulurejo Bapak Aris Hartanto, SE menegaskan acara ini diharapkan memberikan dampak untuk meningkatkan kapasitas pengurus koperasi RT di Desa Kulurejo “kami berharap koperasi RT di Desa kita bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, acara ini hanyalah salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut. Lebih lanjut Bapak Aris hartanto, SE menyatakan “pengurus koperasi sebagai ujung tombak Koperasi RT diharapkan mampu mengelola koperasi secara transparan dan akuntabel sehingga mampu mewujudkan koperasi yang    yang sehat, berkualitas dan mandiri.

Selaras dengan pendapat di atas Bapak Sugeng Ahmady, SH sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini beliau menyatakan bahwa “dengan lahirnya UU No 6 tahun 2014 Desa diberi kewenangan untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat kegiatan ini merupakan salah satu wujud pengejawahtahan amanat Undang-Undang tersebut”.

Pelatihan Peningkatakan Kapasitas Pengurus Koperasi RT Se Desa Kulurejo dijadwalkan selama 2 hari yaitu pada tanggal 11-12 April 2016. Dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang kompeten di bidangnya dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan  Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Wonogiri.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan